Cari Blog Ini

Sabtu, 11 April 2020

Tutorial Pemrograman C 4 : Penggunaan Puts dan Scanf

Ihza Rizky Blog.
Pada Artikel kali ini saya akan membahas tentang Penggunaan puts() dan scanf().
setelah kita tahu pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai syntax, tipe data, variabel, konstanta pada pemrograman c. Untuk artikel kali ini saya akan menjelaskan secara singkat penggunaan fungsi puts dan scanf pada pemrograman c.
1.Yang pertama kita bahas mengenai fungsi puts. Jadi, fungsi dari puts adalah mencetak string yang otomatis menghasilkan baris baru. yang membedakan dengan printf adalah untuk printf sendiri kita bisa menambahkan variabel, format teks menjadi 1 fungsi. sedangkan puts sendiri hanya bisa mencetak output string saja tidak untuk lainnya. akan tetapi, dengan menggunakan puts otomatis membuat baris baru tanpa harus mengetikkan format teks \n. Maka, akan lebih baik jika ingin menghasilkan output string saja gunakanlah puts dan gunakanlah printf jika membutuhkan untuk mencetak teks dan variabel sekaligus.

2.Yang Kedua, Fungsi dari scanf adalah untuk menerima inputan dari user untuk disimpan sementara dalam variabel. Jadi, setelah mendeklarasikan variabel => menggunakan fungsi scanf(&nama_variabel); => dan yang terakhir mencetak variabel tersebut dengan fungsi printf();

Lalu, mengapa harus menyertakan "&" sebelum variabel dalam penggunaan fungsi scanf?
jawabannya adalah untuk mengetahui alamat memory data tersebut, penggunaan tanda & hanya untuk tipe data int, float dan char. untuk tipe data string tidak perlu menambahkan tanda "&".
Bagaimana Cara Penggunaannya? Lihat kode dibawah ini :


Outputnya
Nah, demikian penjelasan dari saya semoga anda paham dan memperbanyak latihan. semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti