Cari Blog Ini

Kamis, 09 April 2020

Tutorial Pemrograman C 2 : Variabel

Ihza Rizky Blog

Jika pada dijelaskan mengenai Syntax dan tipe data pada Bahasa Pemrograman C dan pada artikel kali saya akan melanjutkan mengenai Variabel di Bahasa Pemrograman C.
Variabel adalah suatu tempat penyimpanan nilai yang dapat berubah-ubah dan ada juga yang tidak dapat diubah atau disebut Konstan.
jika kita andaikan variabel itu gelas, nah dalam gelas itu sendiri itu bisa diisi dengan air, pasir, batu kerikil dan disebut juga data yang berisi string, float, integer, number. Nah, dalam setiap bahasa pemrograman ada peraturan tersendiri dalam mendeklarasikan sebuah variabel. Contohnya dalam bahasa Pemrograman PHP yang ketika membuat variabel harus didahului dengan dollar (contoh : $nama = "orang";) dan ditutup dengan titik koma atau disebut juga semicolon. Untuk bahasa Pemrograman C sendiri juga ada peraturan dalam membuat sebuah variabel.
Bisa kita lihat contoh penulisan variabel diatas :

1.Pertama, kita deklarasikan variabel tersebut sesuai tipe datanya. jika ingin membuat variabel type integer. maka, kita tulis int nama variabel.
2.Kedua, setelah kita deklarasikan selanjutnya tulis variabel tersebut dan isikan nilanya.
3.Ketiga, cetak variabel tersebut dengan menyelipkan karakter khusus sesuai type datanya.

Karakter Khusus atau simbol :
- %i = untuk integer
- %f = untuk float
- %c = untuk Char
- %d = untuk decimal
- %s = untuk string
- \n = untuk ganti baris
- \t = untuk tab

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai variabel dan pendeklarasian variabel hingga output dari variabel itu sendiri di Bahasa Pemrograman C. Semoga Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti